Wednesday, July 4, 2018

Tips Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan Hemat Part 2


Siapa yang tak suka belanja? Aktivitas satu ini tentu selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk dijalankan. Bukan hanya kaum Hawa saja, kaum Adam juga banyak yang memiliki hobi berbelanja. Tidak hanya si kecil muda, orang tua malahan juga selalu bersuka ria bila sedang berbelanja. Belanja dapat memunculkan rasa bersuka ria, tentunya bila kita merasakan kegiatan hal yang demikian dengan bersuka ria.

Budaya berbelanja haruslah dijalankan dengan memakai sejumlah peraturan yang ketat. Jikalau ini untuk mencegah kemasukan pada pos pengeluaran. Jikalau tak dijalankan dengan bagus, maka akan sungguh-sungguh mungkin hobi berbelanja hal yang demikian justru berpotensi memunculkan sejumlah pemborosan di dalam anggaran keuangan, di mana kita mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli pelbagai hal yang sebenarnya tak seperti itu kita butuhkan. Alih-alih dapat menabung, budaya boros ini justru dapat memunculkan sejumlah permasalahan dan juga utang di masa yang akan datang. Merepotkan, bukan?

Ada banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka telah melaksanakan sejumlah pemborosan di dalam hidup mereka. Jikalau ini berlangsung seperti sebuah budaya yang tak disadari dan menjadi hal yang menonjol wajar di dalam kehidupan yang mereka jalani. Jikalau dibiarkan berlangsung terus-menerus, maka budaya ini akan sungguh-sungguh susah untuk diubah dan dihilangkan, khususnya bila tak dibarengi dengan komitmen dan juga harapan yang cukup kuat. Jikalau tersulit untuk dihilangkan merupakan hal yang kita senangi, sebab kita akan memerlukan kerja keras dan juga harapan dalam mengalahkan diri kita sendiri. Setelah, bukan berarti tak mungkin berubah, hal ini tentu dapat diperbaiki bila kita memakai metode yang pas dalam menanganinya. Lakukan 12 metode di bawah ini untuk merubah budaya hidup boros yang kita jalani selama ini menjadi budaya berhemat.

5. Jadikan Rutinitas

Semua orang akan memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangannya. Akan melainkan, apa saja cara yang kita pilih, sebaiknya kita mengawasi tiap-tiap pengeluaran yang kita lakukan dalam keuangan kita. Senantiasa luangkan waktu di akhir minggu untuk menghitung dan juga mengawasi pos pengeluaran yang sudah kita lakukan. Demikian ini akan membantu kita mengatur dan juga mengawasi keuangan dengan baik. Lakukan hal ini sebagai kegiatan harus dan juga menyenangkan bagi kita.

6. Ganti Kebiasaan Lama dengan Kebiasaan Baru
Ada banyak hal yang harus berubah dalam hidup kita jika kita memang mau mulai hidup hemat dan tak boros. Kita dapat melakukannya dengan gampang dan tepat supaya tak menyulitkan kita. Misalnya, saat kita gembira merasakan kopi buatan restoran yang harganya terbilang cukup mahal, maka kita dapat merubah kebiasaan tersebut dengan menyeduh kopi sendiri dari rumah dan membawanya ke tempat kerja. Kita dapat berhemat dengan konsisten melaksanakan hal yang kita sukai, gampang bukan?

7. Buat Kebiasaan Baru yang Murah

Kita dapat saja menghabiskan waktu untuk sekedar mendatangi restoran dan menerima secangkir kopi di jam kerja atau saat istirahat. Tetapi, akan lebih gampang dan efisien saat kita membawa termos kopi dari rumah dan dapat menikmatinya dengan hening tanpa harus bersusah payah ke restoran. Terapkan sejumlah kebiasaan baru yang lebih gampang dikerjakan ketimbang kebiasaan kita yang lama. Maka, merubah kebiasaan boros malah tak akan terasa berat.

8. Hindari Godaan
Ketika kita mengetahui dengan baik apa yang menjadi kelemahan kita, maka kita dengan gampang dapat menghindarinya dan menjauh dari hal tersebut. Demikian ini juga berlaku dalam persoalan kebiasaan belanja kita yang buruk, di mana kita akan sering kali berperang dengan diri kita sendiri saat kita mendatangi mal dan memandang banyak barang-barang baik di sana. Jauhi mal dan pusat perbelanjaan, jika tempat itu memang membuat kita sulit berhemat.

9. Buat Pertanda Pengingat


Demikian ini akan mempermudah kita memiliki kontrol dalam melaksanakan pengeluaran. Terkadang orang membuat pedoman pada kartu kredit, buku catatan atau malah pada kulkas untuk mengingatkan mereka akan bermacam hal penting yang harus dikerjakan. Pilih pedoman pengingat yang paling tepat untuk kita, di mana hal tersebut dapat kita lihat dan lakukan dengan gampang.

10. Jangan Terlalu Keras pada Diri
Maka kita kalap atau khilaf dan di satu saat kita kembali pada kebiasaan boros. Maka, yang perlu dikerjakan adalah kita tak perlu menghukum diri kita atas hal tersebut. Fokuslah dan konsisten pikirkan penghematan yang kita rencanakan sejak permulaan di dalam anggaran. Lanjutkan kembali anggaran keuangan dan lakukan penghematan yang lebih baik di hari-hari yang akan datang.

No comments:

Post a Comment

Seputar Alergi Protein Yang Perlu Anda Ketahui

Protein ialah bagian nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Melainkan pada beberapa orang, protein justru bisa menjadi bumerang bagi tub...