Thursday, July 19, 2018

Pertimbangan Penting Untuk Memutuskan Hubungan


Apakah kau tak jarang diam hanya untuk menghindari perdebatan dengan pasangan? Atau lebih banyak berkorban untuk kebahagiaan pasanganmu, tanpa timbal balik yang sama? Kalau iya, bisa jadi kau terlalu bergantung pada pasangan secara tidak sehat atau codependent. Baik kau yang bergantung pada pasangan atau sebaliknya pasangan yang terlalu bergantung kepada kau, hal ini sama-sama tidak sehat. Berdasarkan psikolog, hubungan semacam ini dikarenakan seseorang merasa tidak cukup, tidak mampu, dan perlu bergantung pada orang lain untuk merasa lengkap.

Kalau hubungan ini tidak dibereskan, konsekuensinya dalam rentang panjang yaitu kau akan merasa kelelahan dan mulai mengesampingkan hal lain yang sesungguhnya lebih penting untuk diperhatikan dalam suatu hubungan. Pasanganmu juga menjadi tidak belajar hal yang sepatutnya dia sadari.

Kau tidak sepatutnya menentukan hubungan. Mungkin kau bisa mencoba berkonsultasi dengan psikolog terutama dahulu untuk membetulinya. Konsultasi ini bisa membantumu atau pasanganmu, untuk menggali masa lalu, terutama sekiranya ada rasa sakit, luka, atau kemarahan yang yang belum terselesaikan. Inilah dasar yang akan membantumu membangun hubungan yang sehat dengan pasangan.

Lepas dari codependent akan membuatmu kembali merasa nyaman dan percaya diri dengan keputusan-keputusanmu sendiri. Ciri-ciri lain kau telah lepas dari kondisi ini antara lain yaitu:

·         Kau akan kembali sadar bahwa kau tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain. Hanya atas kebahagiaanmu sendiri.

·         Kau bisa mengenali kemauan dan kebutuhanmu sendiri, sehingga kau bisa melihat diri sendiri sebagai sosok yang mampu, tangguh, dan pandai.

·         Kau bisa menanggapi perbuatan pasanganmu dan orang lain dengan baik.

·         Kau tidak lagi menerima perbuatan kekerasan. Kau dan pasanganmu sadar, berubah, dan bertumbuh untuk mengembangkan hubungan yang sehat.

Kecuali itu untuk membantumu kembali percaya diri, coba deh peroleh hobi yang kau lakukan sendiri, tidak berdua dengan pasangan. Juga jangan lupa untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman, kerabat, dan anggota keluarga lain.

Pada walhasil, betapapun kau sayang pada pasanganmu, penting untuk tidak menggantungkan kebahagiaanmu kepadanya secara berlebihan. Ingat, kebahagiaanmu yaitu tanggung jawabmu sendiri, bukan tanggung jawab pasanganmu.

No comments:

Post a Comment

Seputar Alergi Protein Yang Perlu Anda Ketahui

Protein ialah bagian nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Melainkan pada beberapa orang, protein justru bisa menjadi bumerang bagi tub...